even if you come to a standstill, here is not the end, at the end of hesitation face forward, i want to challenge myself

Kamis, 09 Agustus 2012

Cresh Creative Shop


Cresh (Creative Shop) merupakan toko khusus yang menyediakan produk-produk kreatif dan inovatif berbasis pertanian. Inisiasi pembentukan Cresh berawal dari ide untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pemanasan global yang menjadi masalah krusial akhir-akhir ini yang salah satunya disebabkan oleh berkurangnya ruang terbuka hijau (khususnya di kota-kota besar), sehingga diperlukan solusi untuk memanfaatkan lahan sempit khususnya untuk membuat taman dalam ruangan. Selain itu adanya keprihatinan terhadap kurangnya pengetahuan anak-anak terhadap pertanian, alam dan lingkungannya, serta ide untuk membuat wadah dan sarana berwirausaha dan pengembangan jiwa entrepreneur bagi mahasiswa maupun masyarakat. Seiring dengan banyaknya produk dan karya mahasiswa yang kreatif,  inovatif,  dan berprospek tinggi tetapi tidak ada keberlanjutannya karena pemasaran yang kurang tersalurkan sehingga diperlukan sebuah wadah yang dapat mengumpulkan produk tersebut dalam satu tempat yang strategis dan memasarkannya secara luas. Akhirnya tercetuslah ide untuk membuat Cresh (Creative Shop), yaitu toko khusus yang menyediakan produk-produk kreatif dan inovatif berbasis pertanian.  Produk yang ditawarkan sebagian besar adalah hasil karya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dikti). Contoh produk pertanian hasil PKM yang dipasarkan di cresh antara lain Boneka Horta, Midori (Miniature Doll in Agribouquet), Tanobi (Tanaman Ornamental Ubi), Terratrash (Terrarium in Trash), botashi, dan lain-lain.
Cresh selain sebagai toko juga dapat dijadikan sarana mengasah kreativitas generasi muda untuk mengembangkan kepedulian mereka terhadap lingkungan dan pertanian. Pengunjung toko tidak hanya akan menjumpai produk-produk pertanian kreatif yang dijual tetapi juga dapat mengikuti pelatihan-pelatihan pembuatan produk-produk kreatif pertanian serta aneka lomba yang ditawarkan. Dengan demikian, Cresh membantu orang tua untuk memberikan hiburan sekaligus edukasi kepada putera-puteri mereka untuk lebih mengenali dan mencintai alam di sekitarnya, serta pertanian pada khususnya. Cresh bagi masyarakat dapat  memberikan alternatif  rangkaian tanaman unik  serta dapat dijadikan pilihan usaha masyarakat yang diharapkan mampu mengurangi jumlah  pengangguran yang ada di Indonesia dengan melibatkan dan memberdayakan masyarakat sekitar. Keberadaan Cresh diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, baik untuk mahasiswa, penanam modal, pelaku usaha, dan lingkungan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar